Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau

Nutrisi dan Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki nama latin Vigna radiata dan termasuk dalam famili Fabaceae. Kacang hijau masih bersaudara dengan kacang panjang, kacang polong dan kedelai. Di Indonesia, kacang hijau umumnya dikonsumsi dan ditransformasikan menjadi bubur kertas. Makanya dikenal dengan bubur kacang mungo, yang isinya campuran kacang hijau, santan dan gula serta beras hitam lengket.

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Bahkan dikenal sebagai makanan tentara untuk kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi, kekuatan fisik dan kecerdasan otak. Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang kandungan gizi dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan.

Nutrisi kacang hijau

Sebagai sumber makanan kesehatan yang baik, kacang hijau mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Kaya akan vitamin

baca juga : sunat pekanbaru
Kacang hijau mengandung 159 μg / 100 g asam folat dan vitamin B1 0,2 mg / 100 g. Hanya saja tidak, kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantotenat, dan niasin, yang berguna untuk membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh.

Sumber daya mineral

Kacang hijau kaya akan mineral. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung potasium (266 mg), fosfor (99 mg), mangan (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (0,8 mg), selenium (2,5 μg).

Kaya akan protein

Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif untuk vegetarian. Kandungan protein dalam setiap 100 gram kacang hijau adalah 7 gram protein. Protein kacang hijau memiliki profil asam amino penuh dan bisa diserap lebih cepat. Protein sangat membantu dalam membantu membangun sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu Anda memadamkan lebih banyak waktu.

Kaya serat

Kandungan serat dalam 100 gram kacang hijau adalah 7,6 gram serat. Jumlah ini bisa memenuhi kebutuhan serat harian hingga 30 persen. Serat bermanfaat dalam menjaga fungsi saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol.

Kaya Omega-3

Kacang hijau juga diperkaya dengan Omega-3 sebesar 0,9 mg / 100gr dan Omega-6 sebesar 119mg / 100gr. Seperti kita ketahui asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam kacang hijau, yang menjadikan makanan ini sebagai sumber makanan dengan segudang manfaat kesehatan, antara lain:

Penyerapan Bantuan Nutrisi

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B1 menyebabkan metabolisme melambat sehingga penyerapan nutrisi dari makanan tidak berkinerja optimal. Kandungan Vitmin B1 dan enzim aktif kacang hijau dapat memperbaiki kondisi ini dengan meningkatkan penyerapan dan metabolisme nutrisi.

Mencegah penyakit jantung

Kacang hijau mengandung kandungan serat tinggi yang berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan peristaltik usus, sehingga mengurangi waktu kotoran terakumulasi di dalam usus, serat juga berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga efektif untuk pencegahannya. penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Pencegahan Anemia

Diperkaya dengan seng dan zat besi untuk menghasilkan kacang hijau sebagai pilihan makanan untuk anemia, membantu menyeimbangkan hormon dan sistem kelenjar, dan menjaga metabolisme tubuh.

Bantuan pertumbuhan

Kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan pembentukan sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot dan otak.

Hmm, mengingat kandungan gizi kacang hijau dan manfaat kesehatannya, tidak apa-apa jika Anda memasukkan kacang hijau ke dalam menu harian Anda. Jika Anda bingung bagaimana mengolahnya, sekarang ada banyak minuman kesehatan yang terbuat dari jus kacang hijau.

Komentar

  1. Haiii SEMUA PENCINTA POKER.!!! Ada kabar gembira nih...!!!
    Kini kami S1288poker hadir untuk semua PECINTA POKER ^^
    Dengan Promo yang sangat menarik lho ...!!
    tunggu apa lagi kakak2 pecinta poker ^^
    YUK..!! segera bergabung bersama kami..!!!
    WEB TERCEPAT & TERBAIK pastiny TERPERCAYA SEINDONESIA.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 087782869981

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERMAINAN PECAH PIRING

PERMAINAN KARET GELANG

Permainan Tradisional Patok Lele